Home About Us Investor Relations Brochures Contact Us Inquiry
 
PRODUCTS
 
PP Woven Bag
Resin Bag
Cement Bag
Block-bottom Bag
Semi-finished Material
 

IPO Yanaprima buat Ekspansi
January 10, 2008
Kompas

Yanaprima IPO raup Rp50 miliar
January 9, 2008
Bisnis Indonesia Online

Yanaprima Rambah Kantong Plastik Semen
June 6, 2008
Detik Finance


Investor Relations

Yanaprima Rambah Kantong Plastik Semen

Jakarta - PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) berencana merambah bisnis kantung plastik semen pada tahun 2008 ini. Dana yang disiapkan perseroan sebesar Rp 25 miliar. Langkah ini untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi dua kali lipat.

"Tahun ini perseroan berencana membangun pabrik kantung plastik semen di Sidoarjo. Nilai investasinya sekitar Rp 25 miliar," kata General Manager YPAS, Irwan Susanto, dalam siaran pers yang diterima detikFinance, Jumat (6/6/2008).

Menurutnya, prospek kantong semen yang selama ini terbuat dari kertas, cenderung menurun karena stok bahan baku kayu mulai menipis. Oleh karena itu perseroan sedang membidik penggunaan kantong semen dengan menggunakan kantong plastik.

"Kami berharap dengan diversifikasi produk kantong semen dari plastik akan meningkatkan pendapatan perseroan hingga 30%," jelas Irwan.

Untuk itu perseroan, berencana menambah jumlah mesin yang dipakai untuk pembuatan karung plastik (block bottom) sebanyak dua unit. Sedangkan untuk bungkus beras (extruder) sebanyak tiga unit. Perseroan membeli mesin tersebut dari China seharga US$ 275.000 per unit extruder dan US$ 600.000 untuk block bottom.

Rencananya, pabrik baru itu akan memiliki kapasitas produksi dua kali lipat dari saat ini sebesar 900.000 ton per tahun.

Mengenai sumber pembiayaan pembangunan pabrik baru senilai Rp 25 miliar itu menggunakan dari hasil penawaran umum saham perdana (Initial Public offering/IPO) Maret lalu. Komposisinya 10% untuk pembelian tanah, 24% bangunan dan sisanya pembelian mesin produksi.

Irwan mengungkapkan, dari total hasil produksi sekitar 30% dialokasikan untuk pasar ekspor antara lain ke Malaysia, Thailand, Chili, Paraguay, Afrika dan sejumlah negara Eropa. Sementara untuk pasar domestik yang didominasi karung semen dilakokasikan untuk pabrik-pabrik semen nasional.

"Kita distribusikan ke Semen Gresik, Semen Tonasa dan Indocement," ujarnya.

Posted on June 13, 2008 by Dilbert
(Source: Detik Finance June 6, 2008)
Print